Monday, February 9, 2009

HARAPAN UNTUK OBAMA


Barack Hussein Obama telah resmi dilantik menjadi presiden Amerika Serikat yang ke-44. Dia adalah salah satu presiden paling fenomenal dengan mencatat sejarah sebagai presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat. Obama sendiri lahir dari seorang ayah bernama Barack Hussein Obama yang berasal dari Kenya. Ibunya beranama Ann Dunham, seorang wanita Amerika Serikat berkulit putih. Obama kecil pernah melewati hari-harinya di Indonesia, ketika sang ibu menikah lagi dengan Lolo Soetoro, seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat.

Dengan terpilihnya Obama mungkin banyak warga dunia yang menaruh harapan besar di pundaknya. Selain penyelesaian krisis ekonomi global, Obama juga dihadapkan pada permasalahan konflik di Timur Tengah yang tak kunjung usai. Tetapi akankah Obama bersikap lebih fair dan tidak mendukung Israel secara membabi buta seperti layaknya Bush? Yaa.. sebaiknya kita jangan terlalu yakin, karena dalam salah satu pidatonya Obama secara terang-terangan menyatakan dukungannya kepada Israel, dia bahkan menyebut siapa yang mengancam Israel berarti juga mengancam Amerika serikat. Hubungan mesra Israel-Amerika Serikat ini diperkirakan akan terus berlanjut pada masa pemerintahan Obama, apalagi jika melihat sebagian besar dana kampanye Obama berasal dari Yahudi.

Lalu bagaimana dengan Indonesia sendiri, negara yang pernah disinggahi Obama semasa kecilnya. Akankah Obama mampu membawa angin perubahan bagi negeri ini? Mungkin jika Obama berhasil menuntaskan krisis ekonomi global dampaknya juga akan terasa di Indonesia. Tetapi tidak hanya itu, kita juga berharap agar Amerika Serikat tidak lagi bersikap arogan, terlalu mengintervensi, dan suka ikut campur urusan negara lain. Selain itu, mengingat Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, kita juga perlu berharap agar Obama bisa mengembalikan citra Islam yang sudah terlanjur dicap sebagai teroris pada masa pemerintahan Bush.

1 comments:

Fahmi on June 1, 2009 at 7:36 PM said...

manthab..............

 

dez's blog Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template