Monday, February 9, 2009

MERAYAKAN VALENTINE, PENTING GA SICH…??


Perayaan Valentine mungkin merupakan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak remaja, tapi tahukah mereka apa sebenarnya Valentine itu?

Sejarah Valentine's Day
Jika dilihat dari sejarahnya, Valentine sebenarnya adalah seorang martir yang karena kesalahan dana sifatnya yang dermawan diberi gelar saint atau santo. St. Valentine dibunuh pada tanggal 14 Februari 270 M karena pertentangannya dengan penguasa Romawi, yaitu Raja Claudius II (268-270 M). Pada masa itu Raja Claudius II mempunyai kebijakan yang melarang prajurit-prajuritnya untuk menikah karena menurutnya menikah akan membuat prajurit loyo dalam berperang. Secara diam-diam, St. Valentine tetap menikahkan para prajurit. Mengetahui hal ini Raja Claudius II marah besar dan menghukum mati St. Valentine. Setelah kematiannya, para pengikutnya kemudian memperingati hari kematian St. Valentine sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya. Setelah masuknya ajaran Nasrani di Romawi, Paus Gelasius I pada tahun 496 M memasukkan upacara ritual kuno tersebut ke dalam agama Nasrani dengan tujuan agar lebih mendekatkan lagi kepada ajaran Nasrani.

Pandangan Islam tentang hari Valentine

Di dalam Islam tidak pernah mengenal hari Valentine atau hari kasih sayang. Kasih sayang dalam Islam tidaklah terbatas pada waktu atau hari tertentu. Kita dianjurkan untuk mengasihi siapapun itu, baik keluarga ataupun sahabat asal masih dalam koridor agama Islam. Karena itu, sebagai seorang muslim, sebaiknya kita tidak ikut mencontoh atau merayakan Valentine yang jelas bukan berasal dari Islam. Apalagi jika melihat pergeseran makna perayaan Valentine sekarang yang identik dengan pergaulan bebas. Mulai dari tukar-tukaran kartu dan hadiah, pesta, hingga kencan yang akhirnya berujung pada perbuatan zina.

Nah, melihat latar belakang serta banyaknya mudharat dari perayaan Valentine, masihkah remaja-remaja Islam ingin merayakannya?

0 comments:

 

dez's blog Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template