Tuesday, February 10, 2009

MLM oh… MLM...


Nah ditulisan ini aku ingin mengungkapkan betapa dongkolnya aku dengan yang namanya MLM (T******)!!! Kisah ini bermula kurang lebih 2 taon yang lalu. Saat itu tanteku yang kebetulan satu rumah denganku ikut-ikutan terjun ke dunia MLM. Awalnya sich aku cuek aja, karena tanteku juga ga maksa aku buat ikut. Tapi pada suatu hari upline tanteku datang ke rumah, rupanya melihat ada ^mangsa^ baru dia mulai promosi di depan aku. Aku yang dari awal emang sama sekali ga tertarik cuma diam aja. Karena bete denger dia ngomong (apalagi banyak omongannya yang ga masuk akal), aku bilang aja secara terang-terangan kalo aku ga tertarik. Hee.. ga tau dia tersinggung apa tidak, dia lantas pergi dengan memberikan formulir MLM tersebut. Katanya sich kali aja aku berubah pikiran (padahal ga bakalan Cin!!!) ogah…!

Lama-lama aktivitas para MLMers ini bikin aku gerah juga. Gimana ga, tanteku jadi kayak terkena brainwash!! Tiap hari kerjaannya Cuma nyari anggota, ikut pertemuan lah, seminar, OPP, ih.. ga banget dech! Tapi sebenernya yang paling bikin aku kesal adalah si upline ini, aku sama sekali ga suka cara dia ngomong yang begitu mengagungkan MLM, seolah-olah orang hanya bisa sukses kalo dia ikut MLM! Di antara omongannya yang paling bikin aku sebel:
- MLM (T******) ada di lebih dari 200 negara (yang bener aja, emang negara di dunia ada berapa?)
- Ikut MLM (T******) pasti sukses, asal jangan berhenti (masa sich? Coba dech liat berapa jumlah anggota yang ikut dan bandingin sama jumlah yang dapat reward!)
- Obat dari MLM (T******) berasal dari ramuan Cina yang udah lebih dari 5000 taon, jadi obat-obatan yang ada sekarang ga ada apa-apanya (hm.. kalo aku sich lebih percaya sama obat yang bener-bener udah lulus uji klinis, ketimbang obat-obatan ga jelas yang khasiatnya cuma berdasarkan pada pengalaman dan testimoni belaka)
- Taon 2010 MLM (T******) akan menjadi sangat besar, jadi bagi mereka yang ikut sekarang nantinya pada 2010 udah pada sukses (yeah.. kita liat aja nanti!)
- dan bla.. bla.. bla..! Pokoknya banyak dech!!!

Anyway, tulisan ini aku buat bukan untuk melecehkan atau menjelek-jelekkan MLM tertentu. Aku sich cuma berharap agar masyarakat sekarang jadi lebih pinter dalam menanggapi sesuatu. Jangan lantas percaya begitu saja dengan janji-janji muluk MLM. Apalagi tak jarang para pelaku MLM mencari anggota yang berasal dari kalangan bawah yang notabene juga berpendidikan rendah, padahal kan kasian,, orang-orang seperti itu nyari duit buat makan aja susah!! Lagian kapan Indonesia bisa maju kalo masyarakatnya pada males kerja karena cuma ngarep sama yang namanya MLM!

Jadi, daripada buang-buang duit buat beli produk MLM, mending kita beli produk asli Indonesia, itung-itung bantu pemerintah buat nambah devisa, tul ga…?

2 comments:

Fahmi on June 1, 2009 at 7:41 PM said...

sabar Bu.....sabar.....

Emiliana Aryani on July 17, 2009 at 5:32 PM said...

Hai... numpang mampir ya...
kebetulan nyasar ke blog ini dari mbah google...

Saya sendiri dulu juga berpikiran sama, melihat adik saya yang juga ikut MLM T******. Tapi ternyata setelah browsing-browsing di internet, nggak semua MLM mewajibkan membernya menipu org lain utk datang ke seminar.

Saya sendiri terjun juga ke bisnis ini. Bukan T****** sih, tapi yang lebih kalem, dan nggak pake tipu2.

Anyway, makasih atas sharing opini nya ya...

 

dez's blog Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template