Sunday, April 12, 2009

AIR DAN KECANTIKAN


Air sangat vital dalam kehidupan manusia. Bagi para wanita, air erat hubungannya dengan kecantikan. Tak hanya air yang kita minum, tetapi juga air yang secara rutin menyentuh kulit kita.

Cukupkah Air dalam Tubuh?
Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air untuk dapat terus menjalankannya tugasnya masing-masing secara baik dan normal. Dan tanpa kita sadari, kita akan kehilangan kira-kira 3 liter air lewat proses pembuangan urin, keringat, dan uap air. Dan rata-rata kebutuhan kita akan air adalah 1 ½ sampai 2 ½ liter air sehari.

Jika matahari bersinar terik sekali atau sedang melakukan aktivitas berolah raga, tentu saja kebutuhan air itu akan meningkat lebih dari porsi biasanya. Bagaimana cara menjaga asupan air dalam tubuh agar tetap stabil, sehingga tubuh dan kulit terhindar dari dehidrasi? Karena pasokan air yang mencukupi dalam tubuh akan menjaga kelembapan kulit kita.

Biasakan kamu membuat rutinitas minum air putih saat kamu sedang beristirahat. Ketika sedang bekerja di depan komputer, setelah 20 menit, sejenak istirahatkan mata dari hadapan layar komputer. Ambil segelas air dan teguklah beberapa kali.

Selalu membiasakan memulai acara makan dengan semangkuk sup akan menambah asupan vitamin dalam tubuh kamu. Jangan lupa untuk membawa sebotol air mineral kemanapun kamu pergi, simpanlah di dalam tas jika kamu sedang bepergian. Pilihlah konsumsi sayuran kamu yang banyak mengandung air seperti brokoli, wortel, apel, kentang dan yoghurt. Jangan lupa minum setelah kamu selesai makan.

Yang penting untuk diingat, kopi mengandung banyak kafein dan hal ini tak terhitung sebagai asupan air bagi tubuh kita. Kafein yang terdapat di dalam minuman kopi bersifat diuretik, sehingga akan membuat kamu bolak-balik buang air kecil, dan apabila kamu belum memiliki kebiasaan untuk minum air putih dengan porsi yang cukup, akan membuat kamu cepat mengalami dehidrasi.

Bercahaya dengan Air
Cairan dalam tubuh untuk kesehatan dan kecantikan kulit ibarat kaca. Jika tubuh mendapatkan asupan air, maka kulit akan tampak kenyal dan kencang. Namun sebaliknya, kulit kamu akan kelihatan kering dan berkeriput bila tubuh kekurangan air.

Mengapa demikian? Karena dalam sel, air merupakan unsur yang penting. Air akan membantu memperlancar pasokan nutrisi dan oksigen ke dalam sel sehingga proses regenarasi sel kulit lebih lancar. Proses ini juga akan membuat jaringan kulit lebih sehat dan kuat. Itulah yang akan membuat kulit kamu tampak lebih bersih, bercahaya, dan tidak kering.

Mencegah Penuaan Dini
Karena kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang mau atau tidak harus bersentuhan langsung dengan material luar seperti debu, sinar matahari, angin, dan cuaca secara umum. Di sisi lain, keadaan kulit juga diidentikkan dengan penuaan seseorang. Artinya seseorang dapat dikatakan muda atau tua dari kondisi kulitnya. Sehubungan dengan itu, perlunya melakukan perawatan kulit wajah agar tetap bersih dan awet muda. Oleh karena itu, perawatan yang melibatkan air berikut bisa kamu diterapkan.

Biasakan untuk membersihkan wajah kamu setelah melakukan aktivitas bepergian dan sewaktu hendak tidur, juga pada pagi harinya. Gunakan air bersih suam-suam kuku, jangan gunakan air yang masih dalam suhu terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jika perlu gunakanlah sabun khusus muka, jangan sabun biasa yang dapat menyebabkan rusaknya keseimbangan pelembap alami yang ada pada wajah kamu.

Selain itu, tentu tidak boleh melupakan olahraga yang rutin, karena kulit terlihat lebih segar dan sehat serta tidak kusut. Setelah berolah raga pastinya banyak keringat yang terbuang melalui pori-pori kulit, karena proses pembakaran yang terjadi dalam tubuh kita. Jadi jangan lupa minum air puih dalam jumlah yang cukup setiap hari. Kemudian hindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kulit menjadi kuat, seperti kopi, alkohol dan rokok. Tidur yang tidak teratur dengan jumlah yang cukup teratur dengan jumlah yang cukup setiap harinya yaitu minimal 8 jam sehari.

Melangsingkan Tubuh
Air putih juga membantu proses metabolisme dalam tubuh yang bertugas menghilangkan kotoran-kotoran yang tidak berguna dalam tubuh sehingga akan lebih cepat keluar melalui urin. Bagi kamu yang mendambakan tubuh yang indah dan ramping pun, dengan membiasakan mengkonsumsi air hangat terlebih dahulu sebelum makan (trik ini akan memubuat kamu merasa kenyang), merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah porsi makan kamu sebenarnya, sehingga dapat membantu menekan jumlah makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kamu. Apalagi air putih tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Tubuh Lebih Bugar
Manfaat air yang luar biasa yang telah kamu ketahui, ternyata tak hanya berfungsi untuk membersihkan tubuh saja tapi juga berperan sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan bila kekurangan makan beberapa hari dibandingkan jika kita kekurangan air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia. Jadi, sebisa mungkin sempatkan untuk minum air putih setiap saat. Karena dengan menjaga pasokan air yang ada dalam tubuh kita, tubuh akan terasa lebih bugar dan wajah pun terlihat lebih segar dan cerah.

0 comments:

 

dez's blog Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template